Latest News

Tahu Nggak Kamu kenapa dinamakan “Kampung Bugis”?


ngibarbalang.id -- Mengurai sejarah tak ada habisnya. Sumbawa merupakan salah satu dari wilayah yang tak lepas dari nilai-nilai sejarahnya. Ada banyak hal yang kita tidak ketahui dari mana asal usulnya. Penulis sangat tertarik untuk mengupas satu per satu hal-hal kecil yang lepas dari ingatan kita semua atau memang kita tidak pernah tahu tentang sejarah yang ada.

Ketidaktahuan kita semua mungkin juga dikarenakan referensi tentang sejarah Sumbawa yang tak banyak kita temukan. Beda halnya dengan beberapa daerah lainnya yang ada di Indonesia, kita bisa dengan mudah mendapatkan referensi tentang sejarah daerah tersebut.

So, pertanyaan menggelitik dari penulis adalah Kok namanya kampung Bugis? Kata Bugis mengacu pada salah satu suku yang ada di Indonesia. Suku Bugis adalah mereka yang berasal dari Pulau Sulawesi. Nah, aneh bukan!!! Apa daerah ini di beli oleh orang Bugis??? Nggak kan!!!

Ada suatu masa dimana bangsawan-bangsawan dari Sulawesi melakukan perpindahan ke Pulau Sumbawa. Yang paling terkenal diantara mereka adalah bernama KeraEng Tubudia. KeraEng melakukan perkawinan dengan bangsawan karang Perasi. Kemudian anak-anaknya menyebar ke arah barat yang kemudian menurunkan bangsawan-bangsawan disana. Salah satu di antaranya adalah raja Jereweh. Sedangkan mereka dari keturunan bangsawan yang menjadi pengikut Sultan Jalaludin Muhammad Syah Datu Bala Balong yang memperistrikan KaraEng Agang Jene Sindendreng diterima sebagai tamu kerajaan.

Pada waktu itu, jika raja menerima seseorang sebagai tamu dengan baik hati maka sang Raja juga akan menghadiahi tempat tinggal. Sang Raja kemudian memberikan tanah sebagai lokasi tempat tinggal mereka. Nah, ternyata bekasi lokasi tempat tinggal para bangsawan bugis inilah sekarang yang kita kenal dengan nama “Kampung Bugis”.

Nah, jika ditelusuri saat ini mungkin kamu hanya menemukan beberapa orang saja yang bersuku bugis. Di kampung Bugis secara harmonis di tempati oleh berbagai suku. Ada mereka yang dari suku sasak, Suku Samawa, Suku Mbojo bahkan mereka yang dari jawa juga ada menetap di Kampung Bugis.

Semoga ini bermanfaat menambah wawasan kita tentang Sumbawa. Jika terdapat sedikit kesalahan mohon koreksi untuk menambah wawasan kita semua.

Image Source: Wikipedia