Latest News

Lihai Melantunkan Sekeco, Ternyata Dara Manis ini Tak Lancar Berbahasa Sumbawa.


ngibarbalang.id - Dara manis yang satu ini datang dari ujung timur Sumbawa, tepatnya desa Labuhan Jotang. Mira Sasmita, itulah nama lengkapnya. Teman-temannya lebih sering memanggilnya dengan sebutan 'Mira'. Saat ini dia tercatat sebagai salah satu siswa di MAN 1 Sumbawa. Kesehariannya didominasi oleh Bahasa Indonesia dan bahasa Bugis membuatnya tak begitu lancar menggunakan Bahasa Sumbawa.

Anyways...!!!
Ada yang unik dari dara yang kini duduk di bangku kelas XII madrasah ini, dia sangat mahir melantunkan Sakeco yang notabenenya menggunakan Bahasa Sumbawa (eehh....mana ada sakeco pakai bahasa Indonesia, Bima, ataupun Bahasa Sasak). Tak bisa berbahasa Sumbawa bukan berarti tak bisa belajar Sakeco. Selagi mau belajar apa sih yang nggaak bisa kita lakukan...???
Nah kalo di sekolah udah mulai belajar Sakeco, Insyallah nggak akan lenyap Kesenian Sakeco dari muka bumi ini. Bisa eksis terus sampe anak cucu, Benaaaaaar nggaak...????
Seperti yang kita lihat sekarang ini, tak banyak kalangan muda yang mau belajar budaya lokal, khusunya Kesenian Sakeco. Sakeco sendiri merupakan salah satu kesenian daerah Sumbawa yang masih eksis hingga kini. Ini adalah kesenian kebanggaan Tau Samawa, diwariskan secara turun temurun dari jaman dahulu kala. 
Siapa lagi yang meneruskannya kalau bukan generasi muda. Iya kan....!!!
Mira termasuk salah satu yang beruntung mewarisi itu semua. Suara merdunya membuat kita merinding mendengarnya, kala mendengarnya bulu roma kamu akan terbangun dari tidurnya. Tepuk tanganmu pasti mengiringi lantunannya. Pada event-event tertentu mira selalu ambil bagian dengan membawakan suara khasnya.

Penulis pernah meliput dara yang satu ini ketika sedang tampil di acara purna perpisahan siswa MAN 1 Sumbawa di Gedung Wanita. Lantunan suara merdunya membawakan Sekeco dihadiahi tepuk tangan yang meriah dari semua tamu yang sempat hadir serta suara riuh bergema di Gedung Wanita kala itu. 

Nah, semoga mira menjadi inspirasi kita untuk tetap melestarikan budaya lokal. Kita harus bangga dengan keragaman yang kita miliki. Jadi, tugas kita adalah terus melestarikannya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita semua.