Latest News

Inilah Kuliner Unik dengan Rasa yang Kuat Dari Timur Indonesia,


ngibarbalang.id - Sumbawa adalah nama kabupaten yang ada di Provinsi Nusa tenggara barat dan terletak di pulau terbesar yang ada di NTB yaitu pulau Sumbawa. Tak kalah dengan daerah lainnya, Sumbawa juga punya banyak kuliner yang bervariatif jenisnya. Naah, berikut ini kami paparkan 2 jenis jenis kuliner Sumbawa yang akan membuat anda tak bisa lupa dengan Sumbawa.


1. Singang, hidangan berkuah dengan rasa yang kuat

Hidangan msakan yang satu ini agak mirip dengan gulai ikan. Tapi dari segi rasa sangat jauh berbeda. Sebelum dimasak, ikan bandeng atau kakap dipotong-potong sesuai selera. Ada beberapa kelengkapan bahan yang perlu disiapkan yaitu bawang merah, kemiri, daun kunyit diiris tipis untuk menghilangkan aroma anyir ikan.

Nah, Untuk memasaknya, semua bumbu dihaluskan dan dicampur dengan asam jawa lalu ditumis hingga aromanya keluar. Masukkan air putih secukupnya, barulah ditambahkan ikan ke dalamnya. Tambahan daun kemangi dan cabai rawit agar dapat memberikan aroma dan warna yang memikat. Lalu singang siap disantap dalam hidangan.


2. Sepat, hidangan aneh dari sumbawa

Melihat dari bumbu dan tata cara membuatnya maka wajar hidangan ini tergolong hidangan yang aneh dan unik. Ini adalah makanan khas pulau sumbawa dengan bahan utama ikan bakar yang disajikan dengan nasi, sambel tomat dan irisan mentimun. 


Ikan yang dibakar bukanlah sembarang ikan, ada ikan-ikan tertentu yang dipakai agar mampu menciptakan keseimbangan bumbu dan ikan. Banyak bahan mentah yang digunakan, seperti daun aru, lomo, mangga muda, , belimbing wuluh, tomat, kemiri dan asam sumbawa dll.

Nah, perhatikan cara penyajiannya, daging ikan bakar disuwir lalu dicelupkan ke dalam kuah sepat. Rasanya lengkap manis beraroma asap dari ikan bakar, asam dari kuah sepat dan pedas dari sambal tomat menambah eksotika rasa pada makanan ini. Kuah sepat disajikan tanpa dimasak terlebih dahulu sehingga rasanya asam dan segar. Inilah keunikan masakan yang satu ini.

Jangan sebut diri kamu pernah sampai ke Sumbawa jika kamu belum pernah mencicipi hidangan singang dan Sepat ini. Bagi kamu yang belum pernah menginjakkan kaki di Tana Samawa ini, come on, ini petualangan yang wajib anda coba, ini kuliner yang wajib anda cicipi karena kedua kuliner ini bisa dengan mudah untuk kamu dapatkan di Sumbawa. Hampir setiap orang pandai membuatnya. Hal ini dikarenakan menjadi menu wajib tiap minggunya bagi msyarakat Sumbawa. Hal ini dikarenakan Sepat dan Singang terus di lakukan, bahkan di tingkat sekolah mereka juga ada yang belajar membuat singang. Lets Come, don't miss it.